CV. Samaraya Yogyakarta

Cara Membuat Bakpia Kukus Jogja yang Enak dan Ngangenin

Cara Membuat Bakpia Kukus Jogja yang Enak dan Ngangenin – Siapa nih yang udah pernah ke Jogja? kalian pasti tau kan makanan khas nya disana yang enak banget dan pastinya ngangenin bikin pengen balik lagi ya kan? Jogja selain terkenal dengan kuliner Gudeg nya tapi ada beberapa jajanan lain yang juga menarik para wisatawan yang dateng ke kota yang kental kebudayaannya ini.

Salah satu jajanan khas dari Jogja yang selalu jadi buah tangan atau buat oleh-oleh setelah balik dari Jogja adalah Bakpia Kukus Jogja. kalian pasti ada yang bertanya-tanya gimana sih cara membuat bakpia kukus Jogja yang enak? sebenernya bakpia Jogja tuh ada banyak jenisnya guys, gak cuman kukus aja tapi ada bakpia kering dan brownies.

Bakpia pada umumnya dipanggang dengan kulitnya yang renyah dan berlapis, tapi ternyata bakpia kukus juga sangat enak ditambah lagi dengan isian yang ada didalamnya. Kalau di gigit rasanya bener-bener luar biasa. Perpaduan dari kelembutan bakpia dan isiannya sangat nikmat. Berikut ini adalah cara membuat bakpia kukus Jogja yang enak dan bisa bikin kamu kangen sama Jogja.

cara membuat bakpia kukus Jogja

Sebelum kamu tau cara membuat bakpia kukus Jogja yang enak, tentunya kamu juga ahrus tau dulu bahan-bahan apa aja yang dipakai buat bikin bakpia kukus ini.

  1. Bakpia Kukus Isi Keju

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Telur 5 butir
  • Gula pasir sebanyak 175 gram
  • Susu bubuk sebanyak 45 gram
  • Tepung terigu sebanyak 100 gram
  • Vanilla extract 1 sedok the
  • Minyak untuk dioleskan
  • Cheese spread sebanyak 150 gram
  • Keju cheddar parut sebanyak 100 gram

Cara membuat bakpia kukus Jogja :

Baca Juga : Kopi Susu Gula Aren Khas Joglo Kawruh

  • Pertama kamu perlu mengocok telur, gula dan tepung pakai mixer sampai jadi adonan yang lembut ya
  • Tambahin susu bubuk dan vanilla extract lalu mixer lagi sampai merata
  • Panaskan kukusan diatas api yang sedang, lalu siapin cetakan berbentuk bulat kecil dan olesi dengan minyak yang udah disiapin sampai merata
  • Tuangin adonan sampai seperempat dari tinggi cetakan bulat tadi.
  • Kukus adonan sampai 3 menit
  • Keluarin cetakan dari kukusan dan tuangin 1 sendok makan isian keju
  • Tutup isian keju dengan adonan bakpia
  • Kukus lagi adonan tersebut selama 10 menit sampai kue matang
  • Setelahnya kamu bisa angkat bakpia kukusmu dan disajikan sesuai selera
  1. Bakpia Kukus Jogja ala Tugu Jogja

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

Baca Juga : Jasa Maintenance Kolam Renang Solusi Pemilik Kolam Renang

  • 40 gram coklat/kacang ijo/kacang merah/keju sebagai varian isi buat bakpia kukusnya
  • 40 gram susu bubuk
  • 40 gram susu cair
  • Gula pasir 150 gram
  • Tepung terigu 80 gram
  • Minyak sayur fresh 120 ml
  • Pasta vanilla
  • Telur 4 butir

Cara membuat bakpia kukus Jogja ala Tugu Jogja :

  • Kamu perlu siapin dulu isian yang mau kamu pakai, kalau kamu mau pakai isian keju kamu harus lumerin dulu kejunya sampai meleleh pakai api yang pas ya. Jangan lupa juga buat nambahin sedikit susu buat ngurangin rasa asin di kejunya.
  • Campurin adonan yang udah dibuat, dari bahan-bahan yang udah kamu siapin buat satu adonan dan campur pakai mixer supaya adonan yang kamu buat merata, lembut, dan kental. Tambahin juga susu bubuk ke adonan yang udah lembut dan merata lalu mixer lagi.

Baca Juga : Makanan Khas Jogja yang Nggak Boleh Terlewatkan

  • Buat bentukan bakpia kamu pakai plastik, kalau proses adonan kamu udah sampai di tahap akhir, kamu bisa masukin adonan itu ke cetakan bakpia dengan menggunakan plastik yang dibentuk kerucut untuk membuat bentukan dari bakpia kukusmu.
  • Siapin loyang, pakai loyang dengan ukuran 40 x 60 cm dan tempatkan adonan bakpia kukus yang udah kamu buat diatas loyang alumunium
  • Kukus adonanmu, tahap terakhir dari pembuatan bakpia kukus tentunya mengukus adonan yang udah dicetak jadi bakpia. Masukin bakpia ke mesin pengukus

Gimana nih? udah siap nyoba buat Bakpia Kukus khas Jogja nya? semoga informasi diatas bermanfaat ya!

Artikel ini ditulis oleh Rena Joglo Kawruh

Facebook
Twitter
Pinterest
Telegram
WhatsApp