CV. Samaraya Yogyakarta

Jasa Maintenance Kolam Renang Jogja Solusi Pemilik Kolam Renang

Jasa Maintenance Kolam Renang Jogja Solusi Pemilik Kolam Renang – Pemeliharaan dari kolam renang memang sangatlah penting untuk dilakukan karena pemeliharaan kolam renang dilakukan untuk menjaga agar air kolam renang tetap jernih dan bersih. Kolam renang yang tidak rutin dibersihkan akan menjadi sarang dari penyakit, sarang nyamuk dan juga menjadi resiko berbahaya yang lainnya terutama apabila kolam tersebut merupakan kolam pribadi, itu akan berbahaya bagi para penghuni rumah.

Merawat kolam renang bukan pekerjaan yang sulit apabila anda adalah pribadi yang tekun dan teliti. Kenapa harus tekun dan teliti? Karena membersihkan dan merawat kolam renang memiliki langkah  – langkah serta metode yang cukup rumit dan panjang. Apabila anda melakukan kesalahan pada satu langkah saja, maka hasilnya tidak akan maksimal. Kebersihan kolam renang harus selalu dijaga agar dapat memberikan kenyamanan pada pengguna kolam renang. Itulah mengapa kini hadir banyak tips terutama untuk warga Jogja untuk memilih jasa maintenance kolam renang jogja berkualitas.

Berikut adalah cara merawat kolam renang agar tetap jernih dan bersih.

jasa maintenance kolam renang jogja

Tonton Juga : Jasa Maintenance Kolam Renang Jogja

  1. Seimbangkan kimia air di kolam renang anda.

Agar air di kolam renang anda tetap jernih dan tidak berbau adalah adanya campuran kimia pada air. Anda hanya perlu untuk menyeimbangkan bahan kimia tersebut dengan volume atau ukuran dari kolam renang anda. Untuk mengetahui bagaimana menyeimbangkannya anda hanya perlu pemahaman dasar saja. Anda juga tidak boleh memasukkan bahan kimia seperti kaporit secara berlebihan ke kolam renang anda karena hal tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada mata dan kulit terlebih bau dari kimia akan sangat dominan dan menyengat pada kolam renang.  -Anda perlu memperhatikan tingkat PH ideal dari kimia yaitu antara 7,2 dan 7,8 untuk melindungi kulit dan mata serta perlengkapan dan pelapis dari kolam renang. Ini bertujuan untuk berada di ujung bawah spektrum, di mana klorin akan lebih efektif. Klorin yaitu pembersih yang akan Anda gunakan untuk membunuh bakteri berbahaya. Asam sianurat itu digunakan untuk melindungi klorin dari sinar matahari, targetkan sekitar 30-50 bagian per juta (ppm). Alkalinitas total harus dalam 60-120 ppm, dan membantu menjaga keseimbangan tingkat PH. Kekerasan kalsium kolam yang dilapisi ubin harus menggunakan antara 220 dan 350 ppm untuk membantu melindungi plester.

  1. Gosok sisinya

Selain menyisir permukaan ,penting juga untuk menggosok sisi-sisinya untuk mencegah bekas karat dari bahan kimia dan juga lumpur. Anda juga tidak perlu melakukannya terlalu sering, cukup lakukan itu seminggu sekali atau setiap kali Anda melihat kotoran itu muncul.

  1. Gunakan penyedot debu kolam renang

Dasar kolam juga akan mengumpulkan kotoran, terutama jika Anda tidak membukanya sesering yang seharusnya karena kotoran pada akhirnya akan terurai dan jatuh ke dasar. Pengisap debu kolam adalah cara yang terjangkau untuk mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk membersihkan dasar kolam dengan benar, dan dengan banyak model otomatis di pasaran. Tugas ini juga dapat menjadi rutinitas mingguan yang harus Anda lakukan untuk menjaga kolam Anda tetap bersih dan jernih.

Baca Juga : Jasa Perawatan kolam Renang Jogja Murah dan Berkualitas Untuk Kolam Renang Anda

  1. Tip bola tenis

Apa pun yang Anda lakukan, kolam dapat segera mengembangkan kilau berminyak di permukaannya, terutama setelah banyak digunakan. Tidak perlu panik, namun seringkali ini hanya residu dari tabir surya, produk rambut dan kulit, serta minyak alami. Cara terbaik dan hemat biaya untuk menghilangkan residu ini adalah dengan melemparkan beberapa bola tenis ke dalam air. Serat akan menyerap minyak dan mencegah munculnya kilau.

  1. Gunakan baking soda

Jika biaya bahan kimia terlalu mahal, Anda dapat menggunakan bahan baking soda ini untuk menghemat pengeluaran. Anda akan sering disarankan untuk menggunakan larutan berbasis natrium bikarbonat untuk membantu mengontrol alkalinitas air kolam. Soda kue mengandung jumlah natrium bikarbonat yang sama seperti kebanyakan larutan, jadi cukup mudah untuk menukarnya dari satu pon ke pon.

  1. Jaga filter

Menjaga kebersihan filter adalah cara terbaik untuk memperpanjang umur kolam Anda dan memastikan air bersih dan aman. Namun, Anda harus memberikan bantuan dari waktu ke waktu, dan menyingkirkan puing-puing besar, seperti daun, kotoran, dan bahkan mainan. Ini biasanya dilakukan dengan mematikan filter dan mengosongkan keranjang. Anda mungkin juga memiliki fitur backwash yang dapat digunakan untuk membersihkan pipa yang melayani sistem filter, yang harus dilakukan setiap bulan. Selain itu, hindari mematikan dan menyalakan filter terlalu sering, dan sebagai gantinya gunakan pengatur waktu untuk memastikannya tetap menyala setidaknya selama 6 jam sehari.

  1. Telusuri permukaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda harus sering-sering melihat permukaan kolam setiap hari, jadi pastikan untuk memiliki alatnya. Skimmer tiang panjang sangat bagus untuk mendapatkan semua daun, bulu, pembungkus, dan puing-puing lainnya yang akan masuk ke kolam dalam semalam. Sekalipun kolam Anda tertutup, sebaiknya lakukan skimming setidaknya dua kali seminggu, karena sesuatu akan selalu masuk. Selain mengukur kandungan kimiawi kolam, Anda perlu mengukur ketinggian air fisik secara teratur. Levelnya bisa berfluktuasi karena suhu, hujan, atau bom anak-anak. Jika level turun terlalu rendah, Anda berisiko pompa mengering dan terbakar. Jika terlalu tinggi, pintu skimmer berfungsi dengan baik, dan puing-puing tidak lagi dapat ditahan. Tingkat yang benar kira-kira di tengah pintu skimmer, jika terlalu rendah, tambahkan air selang ke atasnya, jika terlalu tinggi, Anda dapat memompa keluar.

Baca Juga : Jasa Perawatan Kolam Renang

  1. Servis rutin

Terlepas dari apakah Anda membutuhkannya atau tidak, sebaiknya kolam diservis setiap tahun. Seorang profesional dapat melihat potensi masalah yang tidak dapat Anda lakukan, terutama yang berkaitan dengan elemen mekanis, seperti pompa, filter, dan pipa.

Maintenance kolam renang memang rumit dan memakan banyak waktu, itulah mengapa diperlukannya jasa maintenance kolam renang. Untuk anda yang berdomisili di jogja tidak perlu khawatir karena telah hadir jasa maintenance kolam renang jogja yang berkualitas dan profesional.

Sekian informasi yang dapat disampaikan, semoga informasi diatas bisa menjadi solusi untuk para pemilik kolam renang khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, sampai bertemu di lain kesempatan.

Artikel ini ditulis oleh Rena

Facebook
Twitter
Pinterest
Telegram
WhatsApp